Keluarga Jawa Timur

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, di Ploso, Pacitan, tampak megah.

Alhamdulillah, museum siap diresmikan.

𝐝𝐫𝐚𝐜𝐀𝐳𝐒.com // PACITAN – Museum dan Galeri Seni SBY-ANI bakal diresmikan bersamaan momen HUT ke-78 RI, 17 Agustus 2023. Keberadaan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI ini diharapkan memperkaya khazanah wisata edukasi di Kota 1.001 Gua. β€˜β€™Alhamdulillah, museum siap diresmikan. Tentu kami senang karena memiliki objek wisata edukasi baru,’’ kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kemarin (15/8/2023).

Museum kepresidenan bertaraf internasional itu akan menyajikan kisah perjalanan seorang anak yang lahir, tumbuh dan ditempa di daerah terpencil seperti Pacitan yang mampu jadi tokoh penting nasional hingga internasional. β€˜β€™Menjadikan destinasi wisata di Pacitan lebih beragam,’’ tambah Mas Aji, sapaan bupati.

Direktur Eksekutif Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Ossy Dermawan menyatakan jejak hidup SBY kecil hingga sukses jadi pemimpin negeri selama sepuluh tahun terekam dan divisualisasikan secara utuh di museum Presiden RI ke-6.

Dengan kehidupan lain SBY sebagai seorang suami, ayah dan kakek bagi cucu-cucunya juga diabadikan dalam museum ini. Ossy mengungkap keistimewaan lain dari museum Presiden ke-6 RI yang berbeda dengan museum kepresidenan umumnya.

β€˜β€™Museum ini akan unik dibandingkan dengan museum lain di seluruh dunia karena kita akan sulit mencari museum kepresidenan yang berisi lukisan yang dilukis Presiden itu sendiri,’’ ungkap Ossy,

Ossy menjelaskan darah seni mengalir dalam jiwa SBY. Sejak kecil SBY disebut gemar mempelajari berbagai bidang kesenian. Beragam karya seni yang dihasilkan pun mempertegas penilaian tersebut. β€˜β€™Terdapat 70 hasil karya lukisan SBY yang akan ditampilkan di museum,’’ imbuhnya.

Selain itu ditampilkan display SBY bermain musik saat mengisi acara 17 Agustus di pendapa kabupaten sekitar tahun 1967-1968. β€˜β€™Akan sulit mencari museum kepresidenan yang memuat puisi-puisi yang ditulis langsung oleh presiden itu dan museum kepresidenan yang memuat lagu yang diciptakan presiden tersebut,’’ jelasnya.@red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button