Nasional

BKKBN Jatim Giat Pengukuhan 20 Duta GenRe Desa di Nganjuk

Bangga Kencana II Nganjuk – Perwakilan BKKBN Jatim bersama dengan Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan Penguatan Program Pembangunan Keluarga bersama Mitra Kerja yang bertempat di SMP Negeri 1 Patianrowo. Rabu (3/5/2023).

BKKBN Jatim Giat Pengukuhan 20 Duta GenRe Desa di Nganjuk

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Anggota Komisi IX DPR RI yang diwakili oleh Salik Ma’wal Murtadlo dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim diwakili oleh Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Jatim, Ibu Nyigit Wudi Amini, S.Sos., M.Sc. Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk, Ibu Dra. Widyasti Sidartini, M.Si beserta Kepala SMPN 1 Patianrowo.

Pada kegiatan ini juga dilakukan prosesi Pengukuhan Duta GenRe Desa se-Kabupaten Nganjuk sejumlah 10 putra dan 10 putri yang berasal dari 10 desa di Kabupaten Nganjuk. Pembacaan naskah pengukuhan dilakukan oleh Kepala Dinas PPKB Nganjuk dengan didampingi Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Jawa Timur dan Anggota Komisi IX DPR RI yang diwakili oleh Pak Salik.

Dalam sambutannya, Widyasti menyampaikan bahwa dilantiknya Duta Generasi Berencana sampai ke tingkat desa ini diharapkan dapat menjadi semangat baru dalam pembinaan Duta GenRe dan semangat baru dalam menjalankan program ketahanan keluarga.

Sejalan dengan predikat baru yang dikukuhkan pada 20 remaja, Nyigit menyampaikan bahwa para Duta GenRe harus bisa menjadi cerminan remaja yang penuh dengan perencanaan.BKKBN Jatim Giat Pengukuhan 20 Duta GenRe Desa di Nganjuk

“Sesuai dengan namanya, Duta Generasi Berencana, maka remaja yang telah dikukuhkan sebagai duta harus bisa menjadi remaja yang penuh dengan perencanaan sesuai dengan transisi kehidupan remaja, termasuk dalam hal pendidikan, pekerjaan, dan pernikahan,” ujar Nyigit.

Sementara Salik juga menyampaikan sambutannya sebelum membuka kegiatan bahwa Yahya Zaini selaku Anggota Komisi IX DPR RI sangat mendukung program Banggakencana, termasuk yang berkaitan dengan para remaja. Disampaikan bahwa Yahya Zaini ingin para remaja bisa menyelesaikan pendidikan hingga pendidikan tinggi.

Peserta yang dihadirkan dalam kegiatam ini berjumlah 175 orang yang terdiri dari Duta GenRe Desa, Ketua/Pengurus Bina Keluarga Remaja Pro PN, COE Poktan pembangunan Keluarga, dan Penyuluh KB di Kabupaten Nganjuk.

Setelah kegiatan resmi dibuka, peserta akan menerima 3 materi. Materi pertama adalah Program Generasi Berencana dalam Percepatan Penurunan Stunting dari Hulu yang akan disampaikan oleh Ketua Tim BKR Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Yuyun Evriana, SE. Materi kedua adalah Kebutuhan Gizi Remaja dalam pencegahan stunting yang disampaikan oleh Ahli Gizi, Anik Purwati, AMd. Gz.BKKBN Jatim Giat Pengukuhan 20 Duta GenRe Desa di Nganjuk

Sementara materi ketiga disampaikan oleh dr. Sylvia Khrisnaningtyas yaitu Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Penurunan Stunting. Melalui ketiga materi tersebut diharap peserta memiliki pemahaman yang kuat terkait program pembangunan keluarga, termasuk pentingnya percepatan penurunan stunting.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button