Nasional

25 Finalis Ikuti Kespro Kawula Muda Jingle Dance Creation Challenge 2024

Ajang Kespro Kawula Muda (AKU KAMU) Jingle Dance Creation Challenge 2024 memasuki babak final

Drackzi, Semarang – Ajang Kespro Kawula Muda (AKU KAMU) Jingle Dance Creation Challenge 2024 memasuki babak final, Selasa (25/06/2024). Digelar di Hotel Harris Sentraland, Semarang, ajang ini diikuti 25 finalis dari 25 provinsi kategori umum dan 4 provinsi kategori inklusi terbaik senusantara.25-finalis-ikuti-kespro-kawula-muda-jingle-dance-creation-challenge-2024

Pada ajang kali ini, Insan Genre Sampang yang menjadi wakil Provinsi Jawa Timur berhasil menyabet Juara 3 Kategori Umum AKU KAMU Jingle Dance Creation Challenge Tahun 2024.

Drs. Wahidin, M.Kes Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN mengemukakan, Ajang Kespro Kawula Muda merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan remaja akan kesehatan reproduksi melalui edukasi yang kreatif dan inovatif.

“Sejak dilaksanakan International Conference of Population and Development (ICPD) tahun 1994 di Kairo, yang hasilnya menjadi salah satu tombak catatan penting kita yang melahirkan kesepakatan terkait dengan hak reproduksi termasuk hak kesehatan reproduksi bagi remaja,” ujar Wahidin.25-finalis-ikuti-kespro-kawula-muda-jingle-dance-creation-challenge-2024

“Di satu sisi pada tahun 2023 angka ASFR 1519 tahun atau kelahiran pada perempuan usia 15-19 tahun jumlahnya memang secara persen menurun tetapi ada kecenderungan kehamilan pertamanya lebih cepat,” lanjutnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan edukasi kesehatan reproduksi melalui media yang mudah diakses remaja yaitu melalui platform media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Youtube.

Di tempat yang sama, Kepala BKKBN Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, MM menyebut upaya melindungi remaja dari risiko permasalahan kesehatan reproduksi diharapkan dapat mencegah kehamilan yang Tidak Diinginkan (KTD) sehingga memberikan dampak positif pada percepatan penurunan stunting, meningkatkan kesempatan dalam aspek pendidikan, pekerjaan dan ekonomi dan daya saing di masa depan.25-finalis-ikuti-kespro-kawula-muda-jingle-dance-creation-challenge-2024

“Kehadiran media sosial, tidak dipungkiri membuka potensi kreativitas remaja, tidak hanya digunakan sebagai hiburan, melainkan juga menjadi media yang edukatif, informatif jika dimanfaatkan dengan baik salah satunya untuk edukasi kesehatan reproduksi remaja. Saya berharap kemenangan ini memberikan motivasi kepada kawula muda lebih giat lagi merencanakan kehidupannya dengan baik untuk meraih cita-cita,” ujarnya.

Ajang Kespro Kawula Muda (AKUKAMU) 2024 Jingle Dance Creation Challenge menyasar remaja usia 10 sampai 24 tahun yang dibagi dalam dua kategori, yaitu umum dan inklusi (penyandang disabilitas). Pada lomba ini, seluruh peserta berkreasi dengan jingle yang dimodifikasi dengan dance berisi pesan edukasi dan juga informasi kesehatan reproduksi yang diunggah melalui kanal media sosial.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button