Nasional

Disperta Kabupaten Madiun Hadiri Hal-Bihalal Dan Sedekah Bumi Di BPP Kare

Pertemuan rutin Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) kecamatan Kare di kemas dalam bentuk wujud syukur dengan mengelar Sedekah Bumi sekaligus Halal-bihalal karena masih di bulan Syawal yang bertempat di BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Kare pada Selasa 30 April 2024.

DRACKZI.com//MADIUN- Pertemuan rutin Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) kecamatan Kare di kemas dalam bentuk wujud syukur dengan mengelar Sedekah Bumi sekaligus Halal-bihalal karena masih di bulan Syawal yang bertempat di BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Kare pada Selasa 30 April 2024.

Sedekah bumi adalah upacara adat untuk mengungkapkan rasa syukur kepada TUHAN Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa hasil pertanian dan perkebunan.

Hadir dalam acara tersebut Camat Kare Alviantoro,S.STP.M.H, Kepala bidang Prasarana dan Sarana Pertanian(PSP) Parna,SP Kepala bidang Kelembagaan dan SDM Disperta Kabupaten Madiun Sepi Imam R,S.pt.

Kabid SDM Disperta Kabupaten Madiun mengatakan, ucapan syukur pada Allah SWT dilakukan oleh Gapoktan Kare karena mereka merasa musim panen tahun ini berhasil dan melimpah ruah. Selain ucapan rasa syukur sedekah bumi dilakukan
untuk mempererat tali silaturahmi dan koordinasi antar anggota Gapoktan.
“Semoga Dengan diadakanya sedekah bumi ini Gapoktan Kare dapat mendorong kekompakan dan ke’gotong-royongan antar anggota kelompok tani ,hal ini sesuai dengan program Gerakan Ronda Bersama Atasi Permasalahan Petani (Gerobak Tani) yang digaungkan oleh Disperta yg Kabupaten Madiun sejak tahun 2023 ”

  1. Dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada baik itu dari dinas,PPI pemdes dan kelompok tani serta untuk mengali kearifan lokal yang ada dikita dengan harapan budidaya yang dilakukan akan berhasil yang mana nanti dapat meningkatkan taraf hidup para petani ” harap Kabid SDM Sepi Imam R, S.pt .

Gapoktan Kare merupakan gabungan kelompok tani yang di dukung sumber daya alam yang melimpah dengan komoditas tanaman kopi,coklat, sayur-sayuran,tembakau dan masih banyak lagi tanam Hortikultura yang bisa tumbuh subur kecamatan Kare ” terangnya.

Sementara Camat Kare memberi arahan, terkait menjaga kelestarian lingkungan dan persatuan Gapoktan Kare serta meningkatkan Gapoktan Kare lebih baik di tahun yg akan datang. @Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button