Keluarga NasionalNasional

BKKBN Jatim Giat Orientasi Penggunaan KKA dan Pembentukan SOTH bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kota Mojokerto

Bangga Kencana II Mojokerto – Perwakilan BKKBN Jatim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Mojokerto (DinkesP2KB Mojokerto), Selasa (16/5/23) melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Penggunaan KKA dan Pembentukan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kota Mojokerto yang bertempat di Aula Tribuana Kantor DinkesP2KB Mojokerto. Kegiatan orientasi ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh Penyuluh KB dan Kader BKB dari seluruh kecamatan dan Kelurahan di Kota Mojokerto sejumlah 30 orang.BKKBN Jatim Giat Orientasi Penggunaan KKA dan Pembentukan SOTH bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kota Mojokerto

Dalam kesempatan ini, Kepala DinkesP2KB Mojokerto, dr. Farida Mariana, M.Kes, menyampaikan bahwa kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan terobosan strategis BKKBN untuk mengentaskan kasus stunting di Indonesia melalui Kelompok-Kelompok BKB yang dekat dengan masyarakat yang dilakukan secara masif.

“Jumlah kasus stunting di Kota Mojokerto pada tahun 2023 ini memang tidak tinggi sebanyak 3,12%, namun kasus Wasting atau anak yang kurus masih cukup banyak di Kota Mojokerto. Maka dari itu dengan adanya Sekolah Orang Tua Hebat, akan memberikan pengetahuan yang mendasar kepada orang tua untuk menerapkan pengasuhan yang sehat dan mencegah anak dari wasting. Semoga dengan adanya SOTH ini nantinya dapat meningkatkan pengetahuan para orang tua tentang pengasuhan yang tentunya berimbas pada menurunnya angka stunting dan wasting di Kota Mojokerto,” ucapnya pada pembukaan acara pagi ini.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan pesan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Dra Maria Ernawati MM, bahwa banyak permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang menjadi sorotan dan dapat menjadi penyumbang prevalensi stunting diantaranya adalah masih tingginya jumlah pernikahan anak usia dibawah 20 tahun sejumlah 34.090 dari total pernikahan 262.023 dan jumlah dispensasi kawin yang mencapai 15.408 kasus pada akhir tahun 2022 lalu serta memberikan motivasi kepada para peserta untuk semangat dalam mengikuti orientasi yang diadakan.

“Permasalahan-permasalahan tersebut dapat teratasi bilamana setiap keluarga mampu menerapkan 8 (delapan) fungsi keluarga dengan baik dalam kesehariannya yang merupakan inti dari program BANGGAKENCANA”. Keluarga adalah madrasah utama bagi anak, sehingga orang tua perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengasuh anak. Pengetahuan dan keterampilan tersebut bukanlah suatu hal yang otomatis dimiliki seseorang ketika menjadi orang tua, melainkan hal yang perlu dipelajari dan dilatih. Melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), diharapkan pengetahuan dan keterampilan setiap orang tua tentang bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar dapat meningkat.

Mengakhiri sambutannya, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur mengingatkan bahwa keberhasilan keberlangsungan SOTH di tingkat desa nantinya terletak pada dukungan berbagai sektor serta partisipasi masyarakat. Sehingga, diharapkan mulai dari OPD-KB, Penyuluh KB, hingga Kader BKB dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kebijakan guna terselenggaranya SOTH dengan baik.

SOTH adalah sekolah nonformal yang dilaksanakan secara bertahap, terstruktur, terukur, dan dibawah pendampingan tenaga professional. Tahap I SOTH dilakukan sebanyak 14 kali tatap muka dengan materi BKB HI 13 pertemuan, sedangkan Tahap II SOTH dilakukan sebanyak 8 kali tatap muka dengan materi BKB EMAS.BKKBN Jatim Giat Orientasi Penggunaan KKA dan Pembentukan SOTH bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kota Mojokerto

Tahun 2023, BKKBN menargetkan SOTH dapat terbentuk di seluruh Kelompok BKB yang ada di setiap kelurahan/desa. Untuk itu, orientasi SOTH mulai dari tingkat Kabupaten/Kota hingga ke tingkat Kecamatan akan dilaksanakan guna menciptakan fasilitator-fasilitator SOTH yang handal di Kelompok BKB agar selanjutnya dapat memberikan manfaat pada keluarga-keluarga yang memiliki baduta dan balita.BKKBN Jatim Giat Orientasi Penggunaan KKA dan Pembentukan SOTH bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kota Mojokerto

Orientasi SOTH dan KKA bagi Penyuluh KB dan Kader BKB Tingkat Kabupaten yang berlangsung selama dua hari di Kota Mojokerto ini mengupas tentang bagaimana pelaksanaan dan pengelolaan SOTH, penggunaan KKA dan Kalender Pengasuhan manual dan online, serta simulasi dan praktik materi BKB HI 13 Pertemuan dan BKB EMAS kepada seluruh peserta sebagai calon fasilitator pilihan di tingkat kecamatan.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button