Nasional

BKKBN Jatim Kukuhkan Duta GenRe di Sampang

Bangga Kencana II Sampang – Perwakilan BKKBN Jatim melaksanakan kegiatan Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill bagi Insan GenRe dan PIK Remaja di Kabupaten Sampang, pada Rabu (17/5/2023) bertempat di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.BKKBN Jatim Kukuhkan Duta GenRe di Sampang

Kegiatan yang dihadiri 67 remaja usia 15-19 tahun ini dibuka oleh Nur Hasanah selaku staff Bidang Dalduk Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim yang diwakili oleh Tim Kerja KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill ini diawali dengan pembukaan dan pengukuhan Duta GenRe Desa.

Nur Hasanah membacakan ikrar pengukuhan Duta GenRe tingkat Desa Kabupaten Sampang yang diikuti oleh seluruh peserta, dan dilanjutkan dengan penyematan selempang secara simbolis oleh tim kerja bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.BKKBN Jatim Kukuhkan Duta GenRe di Sampang

Dra. Maria Ernawati, M.M selaku Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur menyampaikan bahwa intervensi spesifik menjadi salah satu upaya yang penting dilakukan dalam percepatan penurunan Stunting. Ernawati juga menyampaikan, bahwa salah satu yang perlu dilakukan dengan penguatan kapasitas dan perilaku remaja.

Selain itu, Maria Ernawati juga menyampaikan beberapa permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang perlu dicermati bersama antara lain, dispensasi Kawin/Perkawinan Usia Anak di Jawa Timur ada sebanyak 15.408, Angka Kematian Ibu ada 305 kasus, dan tingginya Unmetneed sebesar 19,69 %.

Sedangkan berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2021) menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia adalah 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6 % (Data SSGI Tahun 2022), Jawa Timur sebesar dari 23,5% turun menjadi 19,2%.

Selain diharapkan memahami status gizi dan kondisi kesehatan yang ideal, remaja juga harus memiliki kemampuan untuk berperilaku adaptif dan positif yang memungkinkan remaja untuk secara efektif menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari.BKKBN Jatim Kukuhkan Duta GenRe di Sampang

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan praktek yang dipimpin oleh Fasilitator Kabupaten Sampang yang sebelumnya telah dilatih di tingkat Provinsi. @Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button