Nasional

Giat BKKBN Jatim Dalam Orientasi SOTH di Jember

Bangga Kencana || Jember – Perwakilan BKKBN Jatim bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember, pada hari ini (17/3) melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB Tingkat Kabupaten bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dinas P3AKB.

bkkbn-jatim-gelar-orientasi-soth-dan-kka-di-jemberKegiatan orientasi ini diikuti oleh Penyuluh KB dan Kader BKB dari 31 Kecamatan se Kabupaten Jember yang dilaksanakan selama 2(dua) hari.

Dalam kesempatan ini, Bapak Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember, Bapak Drs. Suprihandoko, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat merupakan terobosan yang strategis untuk mengentaskan kasus stunting di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember.

“Jumlah kasus stunting di Jember yang cukup tinggi menjadi perhatian tersendiri dari pemerintah Kabupaten. Untuk itu telah dibentuk satgas penurunan stunting yang beranggotakan dari seluruh OPD yang ada di jember untuk bersama-sama mengawal penurunan stunting. Seluruh komponen baik Penyuluh KB , Kader BKB dan TPK sebagai pendamping keluarga beresiko stunting diharapkan benar-benar melakukan pendampingan sehingga pemahaman pola pengasuhan dimasa 1000 HPK dan balita yang benar dapat tersampaikan dengan baik. Hal tersebut diharapkan agar tidak ada lagi bayi-bayi baru lahir dalam kondisi stunting dan agar semua anak di Kabupaten Jember tumbuh menjadi generus bangsa yang sehat baik secara fisik maupun mental. Sehingga, stunting mutlak harus diberantas di kabupaten Jember!”, ucapnya menyemangati para peserta pada pagi hari ini.

bkkbn-jatim-gelar-orientasi-soth-dan-kka-di-jemberPada kesempatan yang sama, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan pesan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, MM, dalam hal ini diwakili oleh pejabat Penata KKB, Nur Hotimah, M.PSDM bahwa banyak permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang menjadi sorotan dan dapat menjadi penyumbang prevalensi stunting diantaranya adalah masih tingginya jumlah pernikahan anak usia dibawah 20 tahun sejumlah 34.090 dari total pernikahan 262.023 dan jumlah dispensasi kawin yang mencapai 15.408 kasus pada akhir tahun 2022 lalu.

“Permasalahan-permasalahan tersebut dapat teratasi bilamana setiap keluarga mampu menerapkan 8 (delapan) fungsi keluarga dengan baik dalam kesehariannya yang merupakan inti dari program BANGGAKENCANA”. Pengetahuan dan keterampilan dalam mengasuh anak bukanlah suatu hal yang otomatis dimiliki seseorang ketika menjadi orangtua, melainkan hal yang perlu dipelajari dan dilatih. Melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), diharapkan pengetahuan dan keterampilan setiap orang tua dapat meningkat tentang bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar.

SOTH merupakan sekolah nonformal yang dilaksanakan secara singkat, terukur, bertahap, dan dibawah pendampingan tenaga professional. Tahap I SOTH dilakukan sebanyak 14 kali tatap muka dengan materi BKB HI 13 pertemuan, sedangkan Tahap II SOTH dilakukan sebanyak 8 kali tatap muka dengan materi BKB EMAS. Selama kegiatan Orientasi berlangsung para peserta akan mendapatkan pembekalan materi dari tim Fasilitator Provinsi dan Fasilitator tingkat Kabupaten yang telah dilatih di TOT tingkat Provinsi. Selain pembekalan materi, para peserta juga akan melakukan praktek Modul BKB HI dan Modul BKB EMAS.

bkkbn-jatim-gelar-orientasi-soth-dan-kka-di-jemberDalam menyampai target penurunan stunting, tahun 2023 BKKBN menargetkan SOTH dapat terbentuk di seluruh kelurahan/desa. Untuk itu, orientasi SOTH mulai dari tingkat Kabupaten/Kota hingga ke tingkat Kecamatan akan dilaksanakan guna menciptakan fasilitator-fasilitator SOTH yang handal di Kelompok BKB agar selanjutnya dapat menyelenggarakan SOTH di setiap wilayah desa dan kelurahan. @Red (nur)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button