Nasional

Giat BKKBN Jatim di Magetan dalam Orientasi SOTH dan KKA

Bangga Kencana || Magetan – Pada hari ini (17/03), Perwakilan BKKBN Jatim bersama Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan selenggarakan Orientasi SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) dan KKA (Kartu Kembang Anak) di Tingkat Kabupaten Magetan.

bkkbn-jatim-bersama-dinas-ppkbpp-dan-pa-gelar-orientasi-soth-dan-kka-di-magetanKegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari sampai tanggal 18 Maret 2024 dan bertempat di Pendopo Desa Tawanganom, Kecamatan Magetan dengan peserta sejumlah 36 orang, yaitu 1 orang Kader Bina Keluarga Balita dan 1 orang Penyuluh KB dari 18 Kecamatan di Kabupaten Magetan.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan yang diwakili oleh Drs. Ahmad Salim dan dihadiri oleh Analis Ketahanan Keluarga Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Slamet Supriyadi, S.Sos., dan Miftakhul Ilmi, S.Psi. Hadir pula Camat Magetan, Ketua TP PKK Kecamatan Magetan, dan Lurah Tawanganom.

Slamet mengawali sambutan dengan berterimakasih kepada seluruh peserta karena sudah mendukung dan bekerjasama dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Timur sehingga angka Prevalensi Stunting di jawa Timur tahun 2022 sebesar 19,2%, turun 5,2% dari tahun 2021.

bkkbn-jatim-bersama-dinas-ppkbpp-dan-pa-gelar-orientasi-soth-dan-kka-di-magetanSlamet juga menyampaikan bahwa rencana pembentukan SOTH di setiap desa se-Jawa Timur ini juga merupakan upaya percepatan penurunan stunting sehingga bisa mencapai target angka prevalensi stunting 14% di tahun 2024.
“Besar harapan kami, melalui SOTH yang nantinya akan dibentuk di Kelompok BKB dapat memberikan manfaat pada keluarga-keluarga yang memiliki balita dalam memberikan pengasuhan yang baik pada anak-anaknya.” Ujar Slamet.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Salim dalam sambutannya. Salim mengatakan bahwa menurut ACS, salah satu penyebab stunting di Kabupaten Magetan bukanlah ekonomi, tetapi pola asuh. Oleh sebab itu, salim harap seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik supaya nantinya bisa menjadi fasilitator yang handal di masing-masing kecamatan.

Fasilitator pada kegiatan ini merupakan fasilitarot yang terlatih di tingkat Provinsi sebelumnya yang terdiri dari 3 (tiga) orang, yaitu 2 (dua) orang Penyuluh KB dan 1 (satu) orang COE BKB. Orientasi SOTH dan KKA di Tingkat Kabupaten Magetan ini merupakan tahap awal dari pembentukan SOTH di setiap desa yang ada di Kabupaten Magetan.

bkkbn-jatim-bersama-dinas-ppkbpp-dan-pa-gelar-orientasi-soth-dan-kka-di-magetanTahap selanjutnya adalah Orientasi SOTH dan KKA di tingkat Kecamatan dan dilanjutkan dengan pembentukan dan pelaksanaan SOTH. Peserta yang hadir pada kegiatan ini nantinya akan menjadi fasilitator di masing-masing kecamatan. Melalui SOTH yang terbentuk di semua desa se-Kabupaten Magetan ini diharapkan bisa menjadi daya ungkit untuk menurunkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Magetan. @Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button