Nasional

Tahapan Wawancara Duta Genre DIY 2023, Kaper BKKBN DIY: Pendidik dan Konselor Sebaya Diuji

Bangga Kencana II Yogyakarta – Bertempat di aula Ruang Kencana Perwakilan BKKBN DIY Selasa (14/2), diselenggarakan tahapan wawancara pemilihan Duta Genre DIY 2023. Pemilihan ini pada hakekatnya merupakan bentuk apresiasi kepada para kepada para Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya. Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin, SH, MM., mengawali tahapan wawancara dengan memberikan pesan kepada seluruh peserta.

tahapan-wawancara-duta-genre-diy-2023-kaper-bkkbn-diy-pendidik-dan-konselor-sebaya-diuji
”Pendidik dan Konselor Sebaya adalah duta-duta Genre. Mereka adalah remaja yang mendedikasikan waktu dan upaya di sela-sela masa mudanya sebagai sumber informasi dan tempat curhat bagi teman sebayanya. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa teman sebaya menjadi tempat paling banyak dipilih remaja sebagai sumber informasi, tempat curhat, dan diskusi,” Demikian Kaper BKKBN DIY Shodiqin mengapresiasi para peserta.

Kegiatan Pemilihan Duta Genre DIY ini merupakan upaya untuk meningkatkan motivasi para Pendidik dan Konselor Sebaya agar dapat berpartisipasi secara nyata dan bermakna dalam pelaksanaan Program Pembinaan Ketahanan Remaja. Selain itu juga bertujiuan meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi dan seksual, gizi, serta perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja oleh Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya di PIK Remaja.

Sesuai sifat Pemilihan Duta Genre DIY yang berjenjang, maka setiap peserta yang mengikuti seleksi sudah mendapatkan rekomendasi dari Panewu (Camat) setempat. Jadi mereka merupakan remaja yang memiliki kemampuan lebih, mengingat mereka dipersiapkan sebagai Konselor Sebaya. Sebagai Konselor Sebaya mereka diharapkan mampu mengajak remaja untuk menjauhi tiga ancaman bagi remaja yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan NAPZA.

tahapan-wawancara-duta-genre-diy-2023-kaper-bkkbn-diy-pendidik-dan-konselor-sebaya-diuji

Dibuka tanggal 9-23 Januari 2023, tercatat 107 remaja putra dan putri mendaftar mengikuti pemilihan Duta Genre DIY 2023 ini. Setelah dilakukan penelitian berkas persyaratan dan seleksi tertulis, maka 50 orang terdiri 30 remaja putri dan 20 remaja putra berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya, yaitu wawancara. Dalam tahapan ini para peserta akan melewati tiga pos seleksi. Pada pos pertama peserta dinilai kemampuan public speakingnya.
Selanjutnya dalam pos kedua peserta dilihat keomitmen penguasaan materi program Genre.

Di pos terakhir, peserta harus menunjukkan bakat dan kemampuan mereka. Beragam bakat ditampilkan para peserta, mulai dari seni karawitan, olah vokal, seni tari, dan sebagainya. Bakat-bakat tersebut tentunya sangat berguna bagi mereka dalam membaur dan merangkul sebayanya.

tahapan-wawancara-duta-genre-diy-2023-kaper-bkkbn-diy-pendidik-dan-konselor-sebaya-diuji

Penyelenggaraan pemilihan ini mampu dilaksanakan sendiri oleh Forum Genre, dengan Perwakilan BKKBN DIY sebagai pengarah dan nara sumber. Menurut Ketua Panitia Ferian, tahap wawancara ini akan menghasilkan 15 calon putri dan 15 calon putra untuk menjalani karantina. Dalam karantina mereka akan dibekali berbagai materi yang dibutuhkan sebagai Duta Genre yang akan menjadi rujukan para remaja sebagai Konselor Sebaya. Sedangkan Malam Grand Final sekaligus Penobatan Duta Genre 2023 direncanakan diselenggarakan pada 18 Maret 2023 mendatang.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button