KesehatanNasionalUncategorized

Bersama Wakil Ketua TP PKK, BKKBN Jatim Resmi Buka SOTH dan Selantang di Kab. Trenggalek

Bangga Kencana || Trenggalek – BKKBN Jatim kembali membuka Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang). Kali ini SOTH dan Selantang resmi dibuka Wakil Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Trenggalek secara luring dan daring bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha dan juga melalui zoom yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Kamis (08/09/2022)

Hadir dalam acara tersebut Kaper BKKBN Jatim Dra. Maria Ernawati M.M., Koordinator Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Timur Dra. Suhartuti, M.M., Wakil Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Trenggalek Fatikhatur Rohmah, Ketua TP PKK Kecamatan, Camat, dan Jajaran Dinkes PPKB Trenggalek

Dalam sambutannya Fatikhatur Rohmah mengatakan bahwa Tim Penggerak PKK setiap tingkatan wilayah di Kabupaten Trenggalek bertekad bersama kader PKK yang tergabung dalam Tim Pendamping Keluarga di desa untuk bersama-sama  turunkan stunting dan mendukung penggarapan sekolah-sekolah ini.

SOTH dan Selantang Kabupaten Trenggalek berjumlah 14 kelas yang masing-masing ada di setiap kecamatan dengan total peserta SOTH berjumlah 420 calon orang tua hebat yang terdiri dari ibu hamil dan ibu balita usia 0-6 tahun.

Sementara jumlah total peserta Selantang di Kabupaten Trenggalek berjumlah 420 orang yang terdiri dari Lansia dan Pra-Lansia.

Dalam kesempatan yang sama Kaper BKKBN Jatim mengungkapkan rasa bangga dan berterimakasih kepada Kab. Trenggalek yang telah membentuk SOTH dan Selantang di semua kecamatan.

“Saya bangga dan sangat berterima kasih kepada Kab. Trenggalek yang telah membentuk SOTH dan Selantang di semua Kecamatan. Tidak semua kabupaten bisa seperti ini. Saya harap sekolah sekolah ini bisa berjalan sesuai harapan dan kebermanfaatannya bisa langsung sampai ke peserta” Ujar Erna

Sekolah Orang Tua Hebat merupakan sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya.

SOTH dilaksanakan secara bertahap, tertata dan terukur dengan adanya pre test dan post test sehingga dapat dipantau dengan baik.

Pertemuan ini dilakukan secara tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali dengan materi-materi BKB HI 13 pertemuan. SOTH memiliki syarat kelulusan yang salah satunya dilihat dari kehadiran peserta.

Sementara Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) yang  diresmikan pada hari ini merupakan yang pertama di Kabupaten Mojokerto. Selantang ada di 2 kecamatan, yaitu kecamatan Sooko dan Dlanggu.

Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7(tujuh)  Dimensi Lansia Tangguh yaitu

7(tujuh) Dimensi Lansia Tangguh yaitu dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosianal, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan.

Selantang dilaksanakan bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) dan dilakukan secara bertahap sebanyak 12 (dua belas) pertemuan dengan kurikulum yang sudah ditentukan.

Dalam rangkaian pembukaan, Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Timur menyerahkan paket buku pedoman kepada Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, yang terdiri dari Buku lansia tangguh dengan 7 Dimensi, Buku Pedoman PJP, Buku Sekolah Lansia di Kelpompok BKL, dan buku Panduan SOTH di Kelompok BKB.  @red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button