Nasional

BKKBN Jatim Berhasil Torehkan Prestasi Nasional Tahun 2022 dalam Gebyar Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik

Bangga Kencana || Surabaya – Perwakilan BKKBN Jatim yang dipimpin Dra. Maria Ernawati, M.M., kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam Gebyar Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik tingkat Nasional Tahun 2022. Pada tanggal 20 Juni 2022 secara hybrid, berlangsung penilaian puncak untuk rangkaian kategori lomba Penyuluh KB PNS, Petugas Lapangan KB Non PNS, Kader IMP (PPKBD/Sub PPKBD) dan Pasangan KB Lestari 20 Tahun.

BKKBN Jatim

Provinsi Jawa Timur telah mengirimkan Terbaik di tingkat Provinsi yaitu Dra. Ana Bangun Niestri dari Kota Madiun di Kategori Penyuluh KB PNS, Sdri. Mei Eka Austarina, SE dari Kabupaten Gresik di Kategori Petugas Lapangan KB Non PNS, Sdri. Alihan Restri Mileni dari Kabupaten Madiun di Kategori Kader IMP (PPKBD/SubPPKBD), serta pasangan Wuryaning Yuliastuti/ Sugeng Riyadi dari Kota Madiun di Kategori Pasangan KB Lestari 20 Tahun.

Pada pengumuman 5 besar yang akan melaju ke penilaian akhir yaitu Wawancara Terbuka oleh Tim Penilai, keempat perwakilan Provinsi Jawa Timur berhasil lolos dan berhak masuk ke penilaian tahap akhir.

Pengumuman Pemenang dilaksanakan setelah Wawancara Terbuka kepada 5 Besar Terbaik dari semua kategori dan disampaikan oleh Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd.

Bapak Deputi menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya kepada seluruh peserta atas pengabdiannya di lini lapangan yang diharapkan akan memberikan manfaat, motivasi serta inspirasi bagi tenaga lini lapangan lain serta keluarga Indonesia.

BKKBN Jatim

Predikat Juara 1 berhasil diraih Pasangan Wuryaning Yuliastuti dan Sugeng Riyadi dari Kota Madiun dalam kategori Pasangan KB Lestari 20 Tahun serta Juara 2 Kategori Kader IMP (PPKBD/Sub PPKBD) oleh Sdri. Alihan Restri Mileni, PPKBD dari Kabupaten Madiun.

Unsur utama penggerak keberhasilan Program Bangga Kencana sangat dipengaruhi oleh peran dan kontribusi dari petugas/tenaga lini lapangan, diantaranya adalah Penyuluh KB/PLKB PNS, Petugas Lapangan KB Non PNS, Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Sub PPKBD serta peran keluarga yang secara konsisten menjadi peserta KB Lestari sebagai role model dalam masyarakat.

BKKBN Jatim

Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik merupakan bentuk pembinaan serta apresiasi kinerja dan pengabdian tenaga – tenaga lini lapangan dalam capaian Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) khususnya dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting.

 

Proses penilaian berlangsung secara berjenjang mulai dari penilaian tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tahun 2022 tingkat Provinsi Jawa Timur berlangsung pada bulan Maret s.d. April 2022 dan selanjutnya mengirimkan Juara 1 di setiap kategori pada seleksi penilaian tingkat nasional yang berlangsung pada bulan Mei s.d. Juni 2022.

BKKBN Jatim

Selain penilaian melalui pengiriman profil peserta dan wawancara oleh Tim Penilai, ada sedikit perubahan mekanisme penilaian pada Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2022 sebagaimana disampaikan oleh Direktur Bina Penggerakan Lini Lapangan, I Made Yudhistira Dwipayama, S.Psi., M.Psi., bahwa ada sedikit penyempurnaan dari pelaksanaan kegiatan di tahun 2021 yaitu penambahan proses penilaian melalui Penilaian Profil, Pembekalan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting melalui Orientasi Peserta, Kuis Bangga Kencana, Unjuk Seni, serta Paparan dan Wawancara Tahap Akhir, yang ditambahkan dengan harapan akan muncul potensi – potensi baru dari peserta terbaik dari 21 Provinsi yang telah mengusulkan perwakilannya.

Setelah pengumuman pemenang oleh Deputi ADPIN, Gebyar Apresiasi Lini Lapangan Terbaik Tahun 2022 ditutup oleh Kepala BKKBN, dr. (H.C.) Hasto Wardoyo, Sp.Og (K)  yang mengapresiasi inovatif pelaksanaan Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tahun 2022,

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi dari seluruh peserta setiap kategori. Seluruh peserta merupakan terbaik yang mewakili provinsi masing – masing dan tanpa Lelah terus berinovasi demi suksesnya Program Bangga Kencana di lini lapangan. Terimakasih telah menjadi tulang punggung pelaksanaan program di lini lapangan,” ujarnya. @red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button