Nasional

Perhutani Lakukan Penanaman Pohon

Perhutani (16/12/2023) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad (Pangdivif 2 Kostrad) Mayjen TNI Haryanto,

Drackzi.com//MAGETAN – Perhutani (16/12/2023) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad (Pangdivif 2 Kostrad) Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han) melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Lawu, bertempat di wilayah Petak 51 Luas Baku 86,00 Ha Klas Hutan TKLR (Blok Rajeg Angin) RPH Bedagung BKPH Lawu Selatan masuk Wilayah Adminstratif Ds. Ngiliran Kec. Panekan Kabupaten. Magetan, Jumat(15/12/2023).perhutani-lakukan-penanaman-pohon

Penanaman bersama dalam rangka kegiatan karya bakti pembersihan dan penghijauan di Gunung Lawu yang dilakukan oleh TNI AD untuk menjaga kelestarian alam Gunung Lawu Pasca Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dihadiri Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto, Danrem 081/Dsj Kolonel Inf H. Sugiono, Aster Kasdivif 2 Kostrad Kolonel Inf Ari Suseno, Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, Danyonif PR 501/BY Mayor Inf Yakhya Wisnu Arianto, Kapenrem 081/Dsj Mayor Cba Eko Sudarto, Pgs. Dantim Intel Korem 081/Dsj Kapten Inf Kiswanto, Plh. Danramil Tipe – B 0804/03 Panekan, Lettu Arh Ismani, Kapolsek Panekan AKP Iin Pelangi, Anggota Batalyon Para Raider 501 Kostrad, Anggota Kodim 0804/Magetan, Anggota Polres Magetan, BPBD Magetan, TAGANA,.Camat Panekan Yanu Hari Wibow.

Hadir juga Perhutani KPH Lawu Ds Kepala Resor Pemangkuan Hutan (KRPH) Bedagung Henry Hendrawan beserta jajaran dan Kepada Desa (Kades) Ngiliran Karwo serta Masyarakat Se- Kecamatan Panekan.

Administratur KPH Lawu Ds, Agus Ahmad Fadoli saat dihubungi menyatakan, “Tentunya kami atas nama Perum Perhutani KPH Lawu Ds sangat mengapresiasi, dukungan bantuan TNI untuk menghijaukan kembali Gunung Lawu pasca kebakaran hutan beberapa waktu lalu.”

“Semoga kegiatan ini sampai puncaknya nanti berjalan lancar dan sukses, bibit yang ditanam tumbuh subur, ekosistem hutan Gunung Lawu kembali lestari,” harapnya.perhutani-lakukan-penanaman-pohon

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekali dan tidak sebatas seremonial, namun bisa menjadi suatu agenda giat yang simultan dari waktu ke waktu, karena kegiatan menanam dan memelihara pohon bisa memberikan manfaat bagi alam, lingkungan dan manusia,” tutup Agus.

Sementara itu Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad (Pangdivif 2 Kostrad) Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han) mengucapkan terimakasih kepada Perhutani, semua jajaran yang mendukung dan seluruh elemen masyarakat yang telah mensukseskan acara tersebut.

Menurutnya, menanam pohon adalah menjaga ekosistem alam untuk generasi mendatang.
Kami sementara memfokuskan pada area bekas karhutla, metode penanaman mengunakan jarak tanam 4-5 meter dari jarak pohon satu ke pohon lainnya.

“Kami Instruksikan semua pesrta Ikuti arahan kordinator di masing-masing titik, semangat dan ikhlas semoga kegiatan penanaman dan penghijauan tujuannya guna menjaga kelestarian alam dan reboisasi pasca kebakaran Gunung Lawu yang terjadi beberapa waktu lalu. Supaya dalam pelaksanaannya mengedepankan faktor keamanan dan saling body system/ tidak sendiri – sendiri karena medan sangat terjal,” terangnya.

“Giat Penanaman ini bersifat Pra Seremoni karena akan digelar lagi pada acara puncak karya bakti pembersihan dan penanaman pohon di Gunung Lawu yang rencana akan dihadiri oleh Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa jadw3al segera kami proses,” tutupnya.

“Kita berharap kedepan tanaman Ini untuk anak cucu kita, sekaligus mengingatkan bahwa kita harus mencintai ekosistem. Karena persoalan lingkungan adalah masalah yang berat, dan harus segera dilakukan penanganannya,
Pada kegitan pra karya bakti pembersihan dan penanaman pohon di Gunung Lawu sebelum acara puncak nanti telah di agendakan penanaman dengan 1.800 Plance bibit Pohon di Kabupaten Magetan 4.000 pohon dan di Kabupaten Ngawi 2.000,” ujarnya.perhutani-lakukan-penanaman-pohon

“Pada puncaknya di Magetan dan Ngawi kita tanam lagi masing-masing 3.000 pohon dengan jenis bibit pohon Beringin, Akasia, Trembesi, Pinus, Tristania dan Mahoni,” tutupnya.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button