Nasional

Momen Anies Hadiri Deklarasi Pemilu Damai Setia Hati Terate Pusat Madiun.

Menurut Anies, kegiatan ini dinilai penting sebab semua masyarakat Indonesia menginginkan pemilu yang damai serta hasil yang jujur dan adil.

Drackzi.com// MADIUN – Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menghadiri deklarasi pemilu damai yang diselenggarakan perguruan pencak silat  Persaudaraan Setia Hati Terate di Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu  (26/11/2023).

Menurut Anies, kegiatan ini dinilai penting sebab semua masyarakat Indonesia menginginkan pemilu yang damai serta hasil yang jujur dan adil.

“Ini adalah sebuah kegiatan yang amat penting karena semua masyarakat menginginkan pemilu yang damai, hasil yang jujur dan adil. Setia Hati Terate  ikut ambil bagian, ikut memantau, ikut mengawasi, ikut memastikan agar tidak terjadi kecurangan,” ujar Anies.

Ketua Umum Setia Hati Terate Pusat Madiun, R. Moerdjoko, dengan didampingi Ketua Dewan Pembina Setia Hati Terate LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam sambutannya Ketua Umum Setia Hati Terate Pusat Madiun R. Mordjoko menyatakan, deklarasi pemilu damai tersebut dilakukan untuk dukungan warga atau anggota Setia Hati Terate terhadap pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan aman dan damai.

“Saya ingin mengingatkan kepada keluarga besar Setia Hati Terate bahwa sikap politik Setia Hati Terate adalah politik kenegaraan. Dalam aturan tertinggi organisasi di AD/ART juga dijelaskan bahwa Setia Hati Terate tidak berafiliasi, tidak bernaung, dan tidak terikat dengan partai politik manapun, dan Setia Hati  Terate Pusat Madiun netral,” ujar Moerdjoko.

Setia Hati Terate juga memberikan kebebasan kepada warganya, untuk menggunakan hak politiknya, baik hak dipilih maupun memilih. “Dalam menggunakan hak politik, warga Setia Hati Terate dilarang menggunakan nama, lambang, atribut yang ada identitas Setia Hati Terate, serta dilarang menggunakan aset organisasi Setia Hati Terate,” tegasnya.

Ketua Dewan Pembina Setia Hati Terate,  LaNyalla Mahmud Mattalitti, menekankan bahwa Setia Hati Terate sebagai organisasi bela diri pencak silat dengan basis massa yang besar memiliki tanggung jawab untuk mendukung terciptanya pemilu yang aman dan damai.

“Peran Setia Hati Terate dalam memastikan kelancaran dan kedamaian pemilu sangat penting, Setia Hati Terate harus aktif, turut serta dalam memastikan jalannya pemilu dengan damai dan aman tanpa memihak calon manapun,” kata LaNyalla.

Adapun, deklarasi pemilu damai yang diinisiasi Setia Hati Terate tersebut diikuti sekitar belasan ribu warga Setia Hati Terate se-Jawa Timur. Mereka terbagi enam zona. Zona 1 terdiri warga Setia Hati Terate asal Jember, Bondowoso, Situbondo. Zona 2 Madura Raya, Gresik, Tuban Bojonegoro. Untuk zona 3, wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Tulungagung, dan Pasuruan Kota. Berikutnya zona 4 terdiri warga Setia Hati Terate asal Lumajang, Probolinggo, Malang, Blitar, Banyuwangi, Batu, dan Lamongan. Zona 5 terdiri Trenggalek, Nganjuk, dan Kediri. Sedangkan zona 6 terdiri warga Setia Hati Terate di wilayah Madiun Raya.

Kegiatan Setia Hati Terate tersebut mendapatkan pengamanan ketat dari aparat TNI dan Polri setempat.

@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button