Keluarga Jawa Timur

Sejumlah Tugu Pencak Silat di Jatim Sudah Dibongkar

Kapolda Jatim Tegaskan Komitmen Bersama Soal Pembongkaran Tugu Silat

 drackzi.com // SURABAYA – Bakesbangpol Jatim beberapa waktu lalu telah mengeluarkan imbauan terkait pembongkaran tugu pencak silat yang berdiri di fasilitas umum atau tanah negara. Hingga saat ini, sudah ada 9 tugu pencak silat yang dibongkar.
“Jadi kami Bakesbangpol Jatim mendapat laporan dari kabupaten atau kota, sudah ada beberapa tugu silat yang dibongkar oleh anggota pencak silat. Mereka yang membongkar ya anggota sendiri dari perguruan silat yang bersangkutan. Semua dilakukan secara mandiri,” kata Kepala Bakesbangpol Jatim Eddy Supriyanto saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/8/2023).

Hingga 9 Agustus 2023, Eddy membeberkan ada 9 tugu pencak silat yang sudah dibongkar. Yakni di Tugu Pagar Nusa di Desa Senden, Kecamatan Peterongan, Jombang. Kemudian di Tugu Perguruan Silat IKS di SDN 1 Kalipuro, Banyuwangi.

Kemudian, Tugu Silat IKS di tanah milik Dinas Pengairan Umum Banyuwangi. Selanjutnya, Tugu SETIA HATI TERATE Kalibaru Banyuwangi yang berada di Tanah Milik PT KAI.

“Lalu di Kabupaten Sidoarjo, yakni Tugu SETIA HATI TERATE yang berada di Tugu Batas Desa, Desa Jatim, Kecamatan Sidoarjo. Tugu ini dibongkar dikarenakan berada di tanah irigasi atau pengairan dan lambang SETIA HATI TERATE tersebut akan dihapus dikembalikan seperti semula menjadi tugu batas desa,” lanjutnya.

Mantan Kepala Bakorwil Madiun ini juga menyebut, pembongkaran dilakukan di Kabupaten Pacitan. Tepatnya di Tugu SETIA HATI TERATE yang berdiri di tanah kas desa milik pemerintah Desa Sidomulyo.

“Dan di Kabupaten Ngawi, pembongkaran tugu lambang perguruan pencak silat SETIA HATI TERATE di ranting Kecamatan Kedunggalar sudah dilakukan beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Eddy menyampaikan, pihaknya memang memberi batas waktu pembongkaran tugu silat sampai pertengahan Agustus 2023 ini. Namun, batas waktu itu sifatnya tidak mengikat

Selain itu, Eddy menambahkan, sejumlah kabupaten/kota juga telah melaksanakan rakor tindak lanjut pembongkaran tugu pencak silat. Yakni di Banyuwangi, Jombang, Kabupaten Blitar, Kota Batu, Sampang, Kabupaten Pasuruan, Situbondo, Magetan, Kota Malang, Tulungagung, Sidoarjo, Tuban, Ngawi, Ponorogo, dan Pacitan.

“Jadi totalnya yang sudah dibongkar ada 9 Tugu di 7 kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah melakukan pembongkaran,” tandasnya.

Berikut data tugu silat yang sudah dibongkar di Jatim:
1. Kabupaten Jombang: 1 Tugu (Pagar Nusa)
2. Kabupaten Banyuwangi: 3 Tugu, 2 Tugu (IKS) dan 1 Tugu (SH TERATE)
3. Kabupaten Sampang: 1 Tugu (SH TERATE)
4. Kabupaten Tuban: 1 Tugu (SH TERATE)
5. Kabupaten Sidoarjo: 1 Tugu (SH TERATE)
6. Kabupaten Pacitan: 1 Tugu (SH TERATE)
7. Kabupaten Ngawi: 1 Tugu (SH TERATE).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button