Keluarga DaerahKeluarga Jawa TimurMadiun
Trending

Pengajian Akbar Dan Santunan Anak Yatim Dalam Memperingati Tahun Islam

Acara yang di hadiri oleh Ketua Umum Muslimat NU yang juga Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Paranwansa

‍MADIUN, Drackzi.com -Tahun Baru Hijriyah atau yang lebih populer disebut tahun baru Islam merupakan hari penting bagi seluruh umat Islam.

Di tahun baru Hijriyah tersebut ada peristiwa penting bagi umat Islam. Dimana sejarah tahun baru Islam merujuk pada peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah.Tahun Baru Islam dalam tahun masehi lebih dikenal dengan bulan Asyura yang dalam bahasa Jawa Suro.

Dalam mengamalkan tuntunan syariat orang Islam di bulan Asyura ada Hadist yang mengatakan untuk memperbanyak ibadah dan bersedekah kepada anak Yatim umumnya di 10 Muharram.

Tepatnya di tanggal 10 Muharram Muslimat NU Kabupaten Madiun mengadakan pengajian Akbar dan Santunan Anak Yatim yang dilaksanakan di Alun-alun Reksogati Caruban pada Sabtu (05/08/2023).

Acara peringan bulan Asyura di hadiri Ketua Umum Muslimat NU yang juga menjabat sebagai Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati/Wakil Bupati Madiun berserta jajaran organisasi perangkat daerah(OPD), Forkopimda Kabupaten Madiun, kepala Kemenag Kabupaten Madiun dan seluruh pengurus cabang Nahdhatul Ulama Kabupaten Madiun beserta jajaranya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan Mars NU disusul dengan Fatayat NU. Selanjutnya pembacaan ayat-ayat suci Alqur’an yang di bacakan oleh juara Nasional Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat nasional dilingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN)kantor kementerian agama di Samarinda tahun 2016 Rini Hidayati.

Dalam sambutnya ketua Muslimat Nahdhatul Ulama Kabupaten Madiun Arina Manasikana Masykur mengharap Muslimat NU untuk cakap digital ,karena muslimat NU dilahirkan untuk mengabdikan dirinya buat agama bangsa dan negara. Muslimat NU harus bisa hijrah dari yang baik menjadi lebih baik. Dengan kemajuan digital Muslimat NU diharapkan bisa membuat konten dakwah yang positif ” harapnya.

Setelah Tausiyah yang disampailan oleh Mubalig Gus Muwafiq dari Jogja yang memberikan ceramah tentang sejarah tahun Islam. Acara ditutup dengan pemberian santunan anak Yatim oleh Ketua umum Muslimat NU Khofifah Indar Paranwansa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button