Nasional

BKKBN Jatim Giat Apresiasi Duta GenRe Jawa Timur Tahun 2023

Bangga Kencana II Surabaya – Apresiasi Duta GenRe Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 diikuti oleh 69 peserta yang berasal dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.  Dari 69 peserta tersebut, telah dilakukan Desk Audit pada tanggal 2-6 Juni 2023 di Perwakilan BKKBN Jatim dan menetapkan 38 Orang untuk mengikuti Seleksi Tahap I Berbasis Daring yang terdiri dari  19 Putri dan 19 Putra. Pada tanggal 16 Juni 2023 di tetapkan 10 besar  (20 Orang) sebagai Semi Finalis yang terdiri dari 10 Putra dan 10 Putri.

bkkbn-jatim-giat-apresiasi-duta-genre-jawa-timur-tahun-2023

Pada hari ini, 23 Juni 2023, sebanyak 20 remaja terbaik tersebut memasuki masa karantina dan Seleksi Tahap 2 Apresiasi Duta GenRe Jawa Timur Tahun 2023. Kegiatan Karantina dan Seleksi Tahap 2 ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari hingga tanggal 24 Juni 2023 di Hotel Mercure Grand Mirama. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM.

Dalam sambutannya, Erna mengucapkan selamat kepada seluruh semifinalis karena telah lolos melalui beberapa tahapan penilaian. Erna juga menyampaikan kepada seluruh semifinalis bahwa slempang yang telah diberikan kepada peserta bukan untuk bergaya.bkkbn-jatim-giat-apresiasi-duta-genre-jawa-timur-tahun-2023

“Slempang bukan untuk gaya-gayaan tetapi bahwa di pundak kalian lah terdapat tugas dan tanggung jawab yang harus diemban dalam upaya meningkatkan kualitas remaja Indonesia,” ujar Erna.

Sebagai Duta GenRe Jawa Timur, remaja harus mempunyai satu visi kedepan dan memaknai arti generasi berencana di setiap fase kehidupan. Artinya, hidup remaja harus penuh perencanaan baik perencanaan pendidikan, perencanaan pekerjaan, hingga perencanaan kehidupan berkeluarga.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Erna meminta kepada seluruh semifinalis untuk membuat standar baru remaja perempuan cantik, bahwa cantik bukan harus seperti artis korea.

“Di kalangan remaja, cantik didefinisikan dengan putih, tinggi, langsing seperti artis korea. Nah, sebagai Duta GenRe yang merupakan influencer di kalangan remaja, buatlah standar baru bahwa cantik itu bukan yang putih, tinggi, langsing tetapi remaja cantik itu adalah remaja yang sehat. Ini menjadi PR semua semifinalis yang hadir disini,” ujar Erna.

Remaja perempuan yang sehat merupakan remaja perempuan yang terhindar dari anemia atau memiliki kadar hemoglobin normal, tidak mengalami kekurangan energi kronis (KEK), dan memiliki Indeks Masa Tubuh yang Ideal. Apabila remaja perempuan dalam keadaan sehat atau ideal untuk menikah, nantinya bayi yang dilahirkan akan terhindar dari stunting. Hal ini sejalan dengan target angka prevalensi stunting di Indonesia pada tahun 2045, yaitu 14%.

Setelah kegiatan resmi dibuka, semifinalis akan mengikuti Kelas INSPIRA (Inspirasi Remaja) bertema “Bagaimana Menjadi Remaja Powerful?” yang dikemas dalam bentuk talkshow. Narasumber yang dihadirkan adalah Berdit Zanzabela yang merupakan Penyiar TVRI dan Irfandi yang merupakan Founder KLG (Kampung Lali Gadget). Setelah itu, semifinalis akan mengikuti, Kelas Personal Branding dan Promosi Kreatif melalui Media Sosial bersama Danis Kirana selaku Co-Founder Dako Brand and Communication.bkkbn-jatim-giat-apresiasi-duta-genre-jawa-timur-tahun-2023

Pada hari kedua, semifinalis akan mengikuti serangkaian seleksi tahap 2 yang terdiri dari Tes Kemampuan Dasar, Voice Your Right, dan Wawancara. Juri yang dihadirkan meliputi psikolog dan pejabat pada Perwakilan BKKBN Jatim.

Grand Final Apresiasi Duta GenRe Jawa Timur Tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2023 dan bertempat di BG Junction Surabaya. Dengan semboyan “Sekali Menjabat, Seumur Hidup Menginspirasi”, Duta GenRe Jawa Timur Tahun 2023 yang terpilih nantinya dapat menyebarluaskan virus GenRe khususnya pada rekan sebaya serta masyarakat secara umum. Selain itu, secara moral dan kemanusiaan, tugas utamanya adalah menanamkan terlebih dahulu dalam diri masing-masing tentang makna dari “menjadi remaja sehat, hebat, berprestasi, dan berakhlak mulia”.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button