Nasional

BKKBN Jatim Kukuhkan Duta Genre Desa Jombang

Bangga Kencana II Jombang – Perwakilan BKKBN Jatim bersama Dinas PPKB PPPA Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill pada Remaja di Kabupaten Jombang, pada 15-16 Mei 2023 bertempat di Aula DPPKBP3A Jombang.bkkbn-jatim-kukuhkan-duta-genre-desa-jombang

Kegiatan ini dibuka langsung oleh dr. Puji Umbaran, M.KP., selaku Kepala DPPKBP3A Jombang. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim yang diwakili oleh tim pendamping Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Sementara peserta kegiatan merupakan remaja dengan usia 15-19 tahun berjumlah 86 orang yang terdiri dari Ketua / Pengurus PIK Remaja Pro PN, Pengurus PIK Remaja non Pro PN, dan Pengurus OSIS SMA/SMK/MAN se-Kabupaten Jombang. Peserta tersebut dibagi kedalam 2 (dua) hari. Pada hari ini sebanyak 46 peserta dan 40 peserta pada tanggal 16 Mei 2023.

Dra. Maria Ernawati, MM selaku Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur menyampaikan bahwa intervensi spesifik menjadi salah satu upaya yang penting dilakukan dalam percepatan penurunan Stunting. Salah satu yang perlu dilakukan dengan penguatan kapasitas dan perilaku remaja. Beberapa permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang perlu dicermati bersama antara lain, dispensasi Kawin/Perkawinan Usia Anak di Jawa Timur sebanyak 15.408, Angka Kematian Ibu sebanyak 305 kasus, dan tingginya Unmetneed sebesar 19,69 %. Sementara berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2021) menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia adalah 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6 % (Data SSGI Tahun 2022), Jawa Timur sebesar dari 23,5% turun menjadi 19,2%.bkkbn-jatim-kukuhkan-duta-genre-desa-jombang

Kegiatan Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill pada remaja ini diawali dengan pembukaan dan pengukuhan Duta GenRe Tingkat Desa se-Kabupaten Jombang oleh Kepala DPPKBP3A Jombang. Terdapat 14 Remaja yang dikukuhkan sebagai Duta GenRe Tingkat Desa ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan naskah pengukuhan.

Dalam sambutannya, Puji mengajak seluruh remaja yang hadir untuk meningkatkan kesadaran bahwa remaja yang hadir merupakan aset bangsa yang nantinya ikut menentukan masa depan bangsa. Oleh sebab itu, remaja yang hadir perlu menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar kehadirannya tidak merugikan negara.

Diawali dengan success story-nya, Puji juga memotivasi para remaja agar berani bercita-cita. Berani bercita-cita artinya juga sungguh-sungguh dalam mewujudkannya. Salah satu cara untuk sampai pada cita-cita tersebut adalah dengan mengupayakan gizi yang baik, terhindar dari anemia, memiliki lifeskill, dan ikut serta dalam pencegahan kekerasan seksual.

“Maka, kegiatan hari ini menjadi sangat penting untuk bekal kalian dan juga nantinya kami harap untuk ditularkan pada remaja lainnya,” Ujar Puji.

Puji juga menekankan agar para remaja tidak mengonsumsi makanan favorit anak remaja zaman sekarang tetapi kurang sehat, seperti cilok, cimol, seblak, dan lain-lain. Isi piringku menjadi hal yang penting untuk dipelajari dan dipraktikkan oleh para remaja.

Setelah dibuka secara resmi oleh Puji, peserta menerima Sosialisasi Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia, Life Skill, dan Kekerasan Seksual di Kabupaten Jombang yang disampaikan oleh Staff Dinas PPKB PPPA Kabupaten Jombang. Dalam sesi ini disampaikan bahwa Kabupaten Jombang diberi target oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, yaitu memberikan edukasi gizi dan Pencegahan anemia kepada 10.820 remaja usia 15-19 Tahun di kabupaten Jombang. Seluruh peserta membuat kesepakatan bersama untuk menentukan target masing-masing peserta dalam mencapai target tersebut.bkkbn-jatim-kukuhkan-duta-genre-desa-jombang

Setelah mendapatkan sosialisasi tersebut, peserta menerima materi Edukasi Gizi dan Pencegahan Anemia sebanyak 7 topik serta Edukasi Life Skill dan Kekerasan Seksual sebanyak 4 topik. Materi inilah yang nantinya disampaikan kepada remaja sesuai dengan target yang telah disepakati.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button