Keluarga NasionalNasional

BKKBN Jatim Bekerjasama Dengan DP3APPKB Kabupaten Blitar Laksanakan Orientasi SOTH Dalam Entaskan Stunting

Bangga Kencana II Blitar – Perwakilan BKKBN Jatim bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB di setiap Kecamatan se-Kabupaten Blitar. Kegiatan orientasi ini berlangsung secara serentak pada Senin (15/5/2023) yang bertempat di masing-masing kecamatan.

BKKBN Jatim Bekerjasama Dengan DP3APPKB Kabupaten Blitar Laksanakan Orientasi SOTH Dalam Entaskan Stunting

Pada kesempatan ini, Tim Kerja KSPK Perwakilan BKKBN Jatim meninjau pelaksanaan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Sutojayan, Kecamatan Selopuro dan Kecamatan Wlingi.

Pelaksanaan Orientasi SOTH di Kec. Sutojayan dilaksanakan di Balai Penyuluhan KB Kec. Sutojayan dan dibuka langsung oleh Muchtar selaku Koordinator PKB Kec. Sutojayan dan dihadiri sebanyak 11 peserta dari kader BKB di masing-masing desa Kecamatan Sutojayan.

Sedangkan Orientasi SOTH di Kec. Selopuro berlangsung di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Selopuro dan dibuka oleh Koordinator PKB Kecamatan Selopuro, Lilik Hidayati dengan dihadiri sebanyak 8 peserta dari BKB di masing-masing desa Kecamatan Selopuro.BKKBN Jatim Bekerjasama Dengan DP3APPKB Kabupaten Blitar Laksanakan Orientasi SOTH Dalam Entaskan Stunting

Kunjungan terakhir ke kecamtan Wilingi. Orientasi SOTH di Kec. Wlingi berlangsung di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Wlingi dan dibuka oleh Koordinator PKB Kecamatan Wlingi, Lilik Suprapti dengan dihadiri sebanyak 9 peserta dari BKB di masing-masing desa Kecamatan Wlingi.

Di kecamatan yang lain, kegiatan orientasi ini juga dibuka oleh Camat atau Koordinator PKB masing-masing kecamatan. Peserta yang hadir di masing-masing kecamatan adalah 1 (satu) orang Kader BKB dari setiap desa serta Penyuluh KB setempat.

Dra. Maria Ernawati, M.M, selaku Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur menyampaikan bahwa, kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan terobosan strategis BKKBN untuk mengentaskan kasus stunting di Indonesia melalui Kelompok-Kelompok BKB yang dekat dengan masyarakat. Melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), diharapkan pengetahuan dan keterampilan setiap orang tua tentang bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar dapat meningkat.

Keberhasilan keberlangsungan SOTH di tingkat desa nanti terletak pada dukungan berbagai sektor serta partisipasi masyarakat. sehingga, diharapkan mulai dari OPD-KB, Penyuluh KB, hingga Kader BKB dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kebijakan guna terselenggaranya SOTH dengan baik.BKKBN Jatim Bekerjasama Dengan DP3APPKB Kabupaten Blitar Laksanakan Orientasi SOTH Dalam Entaskan Stunting

SOTH merupakan sekolah nonformal yang dilaksanakan secara bertahap, terstruktur, terukur, dan dibawah pendampingan tenaga professional. Tahap I SOTH dilakukan sebanyak 14 kali tatap muka dengan materi BKB HI 13 pertemuan, sedangkan Tahap II SOTH dilakukan sebanyak 8 kali tatap muka dengan materi BKB EMAS.

Kegiatan orientasi ini dilaksanakan guna menciptakan fasilitator-fasilitator SOTH yang handal di Kelompok BKB agar selanjutnya dapat memberikan manfaat pada keluarga-keluarga yang memiliki baduta dan balita. Kegiatan ini mengupas tentang bagaimana pelaksanaan dan pengelolaan SOTH, penggunaan KKA manual dan online, serta simulasi dan praktik materi BKB HI 13 Pertemuan oleh seluruh peserta sebagai calon fasilitator pilihan di tingkat desa.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button