Keluarga NasionalNasional

BKKBN Jatim Giat Pelatihan Edukasi Gizi Bagi Insan GenRe dan PIK Remaja Jatim 2023

Bangga Kencana II Surabaya – BKKBN Jatim bersama Insan GenRe Jatim menggelar Pelatihan Edukasi Gizi dan Pencegahan Anemia Pada Remaja bagi Insan GenRe dan PIK Remaja Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 kembali terlaksana di Hotel Mercure Kota Surabaya dan dihadiri oleh remaja dari 14 (Empat Belas) Kabupaten/Kota. Yaitu Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, dan Kota Batu.

bkkbn-jatim-giat-pelatihan-edukasi-gizi-bagi-insan-genre-dan-pik-remaja-jatim-2023

Kegiatan Ini dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Dra Maria Ernawati M.M., yang diwakili Tim Kerja BKR BKKBN Jatim, Yuyun Evriana Setyarini, SE serta Ketua Insan GenRe Jatim Aulia Wahidatul Fajriyah.

Dalam laporannya Aulia menyampaikan Pada Workshop ini, materi akan disampaikan oleh Fasilitator yang telah dilatih di tingkat Nasional dan Provinsi dengan materi sebagai berikut :

1. Strategi Pelaksanaan Orientasi Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia, Life Skill dan Kekerasan Seksual di Kab./Kota
2. 13 Topik Edukasi dan Pencegahan Anemia
(1) Aku dan Tubuhku ( 2) Gizi dan Rentang Hidup Manusia (3) Cinati Dirimu Sendiri (4) Pahami Label Makanan, Lihat Lebih Dekat (5) Pastikan Kamu Tahu Kandungan Apa Saja Yang Kamu Makan (6) Anemia pada Remaja (7) Cegah Stunting (8) LihatSekitar, Apa yang Terjadi (9) SuarakanHakmu (10) MembangunLingkungan Yang Mendukung (11) PelibatanRemaja Yang Bermakna
(12) Teknik Fasilitas (13) Rencana Aksi

bkkbn-jatim-giat-pelatihan-edukasi-gizi-bagi-insan-genre-dan-pik-remaja-jatim-2023

3. 10 Topik Edukasi Life Skill
(1) mengenal diri sendiri, (2) mengelolaemosi, (3) berpikir kritis, (3) berpikir kreatif, (4) pengambilan keputusan, (5) keterampilan hubungan interpersonal, (6) empati, (7) keterampilan komunikasi yang efektif, (8) mengatasi stres, dan (10) pemecahan masalah.
4. Kekerasan Seksual
5. Pre Test dan Post Test Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Edukasi Life Skill dan Kekerasan Seksual.

Harapan kami tujuan kegiatan ini dapat tercapai dan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sehingga 302.093 Remaja di Jawa Timur dapat teredukasi substansi Gizi dan pencegahan Anemia dan substansi Life Skill dan Kekerasan Seksual.

Pada kesempatan yang sama, Yuyun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Life Skill atau Kecakapan Hidup yang dimaksud dalam konteks Program Pembinaan Ketahanan Remaja mengacu pada konsep WHO, yaitu “kemampuan untuk berperilaku adaptif dan positif yang memungkinkan remaja untuk secara efektif menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari,” ungkap Yuyun.

Life Skill pada dasarnya merupakan kemampuan yang membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan kompetensi remaja saat menghadapi kenyataan hidup. Penguasaan substansi Life Skill dilakukan sebagai upaya memberdayakan remaja untuk mengambil tindakan positif untuk melindungi diri mereka sendiri dan meningkatkan kesehatan dan hubungan sosial yang positif.

Masyarakat khususnya remaja perlu dilakukan upaya terus menerus dan berkelanjutan dalam proses edukasi, kampanye, publikasi sebagai upaya pemahaman.

bkkbn-jatim-giat-pelatihan-edukasi-gizi-bagi-insan-genre-dan-pik-remaja-jatim-2023

Terutama dalam upaya mendaratkan kebiasaan akan pengaturan pola konsumsi dan penggunaan tablet tambah darah dan diharapkan seluruh remaja Indonesia menguasai dan memiliki kecapakan tentang 10 Life Skill yang memungkinkan mereka untuk mampu menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari. Melalui penguasaan Life Skill para remaja diharapkan memiliki ketahanan diri yang baik.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button