Nasional

BKKBN Jatim Gelar Orientasi SOTH dan KKA Bagi PKB dan Kader BKB Malang

Bangga Kencana II Malang – Perwakilan BKKBN Jatim bekerjasama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Malang (Dinas Sosial P3AP2KB Malang) pada Selasa (11/4) melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kota Malang yang bertempat di Ruang Pertemuan Arjuna Kantor Dinas Sosial P3AP2KB Malang.

bkkbn-jatim-gelar-orientasi-soth-dan-kka-bagi-pkb-dan-kader-bkb-malang

Kegiatan orientasi ini berlangsung selama dua haridan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh tim pendamping SOTH dari Perwakilan BKKBN Jatim serta diikuti oleh Penyuluh KB dan Kader BKB dari 5 kecamatan dan 57 Kelurahan di Kota Malang.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Sosial P3AP2KB Malang, Sri Umiasih, SE, menyampaikan bahwa kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan terobosan strategis BKKBN untuk mengentaskan kasus stunting di Indonesia melalui Kelompok-Kelompok BKB yang dekat dengan masyarakat. Pada Tahun 2022, kelompok BKB yang menjadi percontohan untuk membentuk SOTH di Kota Malang terletak di kelurahan Tlogomas, dimana murid-muridnya juga sudah melaksanakan wisuda pada tahun yang sama.

bkkbn-jatim-gelar-orientasi-soth-dan-kka-bagi-pkb-dan-kader-bkb-malang

Ditemui di tempat yang berbeda, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, M.M, menyampaikan tentang pentingnya pengasuhan terhadap anak balita yang baik.Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait beberapa permasalahan yang ada di Jawa Timur yang perlu dicermati bersama.“Beberapa permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang perlu kita cermati bersama antara lain, dispensasi Kawin/Perkawinan Usia Anak di Jawa Timur ada sebanyak 15.408, Angka Kematian Ibu ada 305 kasus, dan tingginya Unmetneed sebesar 19,69 %,” imbuhnya.

“Sedangkan berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2021) menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia adalah 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6 % (Data SSGI Tahun 2022), Jawa Timur sebesar dari 23,5% turun menjadi 19,2%,” tambah Ernawati.bkkbn-jatim-gelar-orientasi-soth-dan-kka-bagi-pkb-dan-kader-bkb-malang

Menurut Sri Umiasih atau yang lebih akrab disapa Umi, bahwa sesuai himbauan TP PKK Kota Malang,diharapkan Tahun 2023 ini seluruh Kelurahan dapat melaksanakan SOTH.Hal tersebut sejalan dengan BKKBN dimana menargetkan SOTH dapat terbentuk di seluruh Kelompok BKB yang ada di setiap kelurahan/desa. Untuk itu, orientasi SOTH mulai dari tingkat Kabupaten/Kota hingga ke tingkat Kecamatan akan dilaksanakan guna menciptakan fasilitator-fasilitator SOTH yang handal di Kelompok BKB.

Harapan Umi, dengan dilaksanakannya SOTH otomatis bisa menghidupkan dan mengaktifkan kembali Kegiatan kelompok BKB di setiap kelurahanagar selanjutnya dapat memberikan manfaat pada keluarga-keluarga yang memiliki baduta dan balita. Melalui SOTH, diharapkan pengetahuan dan keterampilan setiap orang tua tentang bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar dapat meningkat. Selain itu SOTH merupakan sekolah nonformal yang dilaksanakan secara bertahap, terstruktur, terukur, dan dibawah pendampingan tenaga professional. Tahap I SOTH dilakukan sebanyak 14 kali tatap muka dengan materi BKB HI 13 pertemuan, sedangkan Tahap II SOTH dilakukan sebanyak 8 kali tatap muka dengan materi BKB EMAS.

Orientasi SOTH dan KKA bagi Penyuluh KB dan Kader BKB Tingkat Kota yang berlangsung selama dua hari di Kota Malang ini mengupas tentang bagaimana pelaksanaan dan pengelolaan SOTH, penggunaan KKA manual dan online, serta simulasi dan praktik materi BKB HI 13 Pertemuan dan BKB EMAS kepada seluruh peserta sebagai calon fasilitator pilihan di tingkat kelurahan.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button