Nasional

BKKBN Jatim Bersama DP3AP2KB Pasuruan Orientasi SOTH dan KKA Bagi PKB

Bangga Kencana II Pasuruan – BKKBN Jatim melaksanakan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi PKB dan Kader BKB, yang dilaksanakan pada tanggal 5 April 2023 bertempat di kantor kelurahan Purworejo.bkkbn-jatim-bersama-dp3ap2kb-pasuruan-orientasi-soth-dan-kka-bagi-pkb

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan (DP3AP2KB Pasuruan) Ir. Siti Zuniati, MM. Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, M.M., diwakili oleh Amanda Aprillia Surya Ningtyas, S.IP.

Mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Amanda Aprillia Surya Ningtyas, S.IP, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama selama ini dalam melaksanakan program Bangga Kencana dan sangat kita harapkan dapat terus berjalan untuk melaksanakan program BanggaKencana dimasa depan karena tantangan yang kita hadapi semakin kompleks,”.

“Mengasuh anak balita dengan baik dan benar sangat penting, sehingga harus dipelajari secara serius dengan baik dari sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak bukan merupakan sesuatu yang ‘given’ atau sesuatu yang sudah bisa dengan sendirinya tanpa harus belajar. Mengasuh anak dengan baik dan benar harus dipelajari, dilatih dan diimplementasikan oleh orang tua dan anggota keluarga lainnya,” tambah Amanda Aprillia Surya Ningtyas, S.IP.

bkkbn-jatim-bersama-dp3ap2kb-pasuruan-orientasi-soth-dan-kka-bagi-pkb

“BKKBN sebagai Lembaga Pemerintah yang memiliki peran dalam membangun keluarga, telah mengembangkan Sekolah Orang Tua Hebat yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya. Sekolah Orang Tua Hebat yang digagas oleh Perwakilan BKKBN Jawa Timur ini merupakan terobosan yang strategis untuk memberikan pendidikan intensif kepada para keluarga yang memiliki balita. Pelaksanaan yang singkat, terukur dan dibawah pendampingan tenaga professional dari akademisi merupakan nilai plus untuk menarik minat para keluarga milenial agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak balita,” terang Amanda Aprillia Surya Ningtyas, S.IP menjelang akhir sambutannya.

Ir. Siti Zuniati, MM dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa SOTH salah satu terobosan meningkatkan kemampuan orang tua dalam melakukan pengasuhan bagi anaknya terutama bagi balita.

Masa balita merupakan golden period dan memiliki waktu yang banyak dengan keluarga, oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pengasuhan maka didirikanlah SOTH yang merupakan pengembangan dari BKB yang bersifat Holistik Integratif.

bkkbn-jatim-bersama-dp3ap2kb-pasuruan-orientasi-soth-dan-kka-bagi-pkb

Ir. Siti Zuniati, MM juga menambahkan, tujuan Orientasi SOTH bagi fasilitator adalah menjadikan fasilitator yang harus paham dengan apa yang akan diajarkan kepada para peserta, fasilitator harus mampu menguasai materi yang telah diberikan dengan baik serta tepat sasaran, terakhir menjadikan para fasiltator menjadi fasilitator yang dapat diandalkan kedepannya.

Oleh karena itu keberadaan dan pembentukan Sekolah Orang Tua Hebat yang diharapkan dapat mencakup seluruh kelurahan/desa di tingkat kabupaten dan kota menjadi harapan dan kerja keras kita bersama dalam mensukseskan program banggakencana kedepannya.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button