Nasional

Kaper BKKBN Jatim Buka Sekolah Lansia Tangguh Standar 2 Bersama TP PKK Jatim

Bangga Kencana II Malang – Kaper BKKBN Jatim membuka Sekolah Lansia Tangguh Standar 2 di 3 Kabupaten/Kota yang sama dengan pilot project standar 1. Pembukaan Selantang Standar 2 ini diselenggarakan di Ijen Suites Resort & Convention Malang. Rabu (14/12/2022).kaper-bkkbn-jatim-buka-sekolah-lansia-tangguh-standar-2-bersama-tp-pkk-jatim

Kegiatan ini dihadiri oleh Kaper BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM., Ketua TP PKK beserta Kepala OPD KB dari Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang, dan Kota Pasuruan serta 375 peserta yang terdiri dari Pembina Selantang, Pendamping Selantang, Peserta Selantang, dan TP PKK Kabupaten hingga desa.

Pada tahun 2021, Perwakilan BKKBN Jatim bersama TP PKK Jatim menginisiasi Sekolah Lansia Tanggung (Selantang) Standar 1 di 3 Kabupaten/Kota sebagai Pilot Project, yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang, dan Kota Pasuruan. Total sebanyak 10 kelas telah terbentuk pada pilot project ini, dengan total 390 peserta. Kesuksesan Selantang Standar 1 tersebut kemudian ditularkan ke Kabupaten/Kota yang lain, sehingga telah terbentuk Selantang Standar 1 di 38 Kabupaten/Kota.

Kaper BKKBN Jatim Maria Erna dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyaknya lansia di Jatim menjadi alasan penting Selantang perlu untuk dilanjutkan sampai standar 2. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk Tahun 2020, dari total jumlah penduduk Jawa Timur, penduduk yang termasuk dalam kategori lansia sebanyak 5.314.698 orang atau 13,07 %. Erna menambahkan bahwa Selantang Standar 2 ini dirancang dengan pendekatan belajar sepanjang hayat, yaitu manusia dalam setiap tahap kehidupannya pasti ada proses belajarnya.

“Untuk pilot project standar 2 ini, kita coba dengan konsep pendekatan belajar sepanjang hayat. Sementara pilot project dulu, kalau sudah dirasa bagus akan ditularkan ke 35 kabupaten/kota lainnya. Sehingga terbentuklah Selantang Standar 2 di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur.” Ujar Erna.kaper-bkkbn-jatim-buka-sekolah-lansia-tangguh-standar-2-bersama-tp-pkk-jatim

Sekolah Lansia Tangguh pada dasarnya ditujukan untuk mewujudkan lansia yang SMART, yaitu Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, dan Bermartabat. Erna mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten/Kota hingga desa karena Sekolah Lansia Tangguh baik standar 1 maupun standar 2 dimotori oleh TP PKK di berbagai tingkatan, mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa. Erna harap seluruh peserta Selantang dapat menjadi influencer bagi sekitar.

“Harapannya para peserta dapat lulus dengan baik, dan yang lulus ini bisa menjadi suatu komunitas atau influencer bagi sekitar tentang ilmu ilmu yang didapatkan, baik pada standar 1 maupun standar 2” ujar Erna.

Setelah Selantang Standar 2 resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dikemas dalam bentuk Talkshow. Terdapat 4 (empat) Narasumber yang dihadirkan. Narasumber pertama yang dihadirkan adalah Koordinator Bidang Monev Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan BKKBN, Ibu Sistha Atisomya, S.Psi., M.Si., yang membahas Peran BKKBN dalam Pembinaan Ketahanan Keluarga Lansia.kaper-bkkbn-jatim-buka-sekolah-lansia-tangguh-standar-2-bersama-tp-pkk-jatim

Narasumber kedua yang dihadirkan adalah Ketua Yayasan Indonesia Ramah Lansia, Ibu Dwi Endah, SKM., M.PH., dengan fokus pembahasan pada Model Pendidikan Sepanjang Hayat. Narasumber Ketiga adalah Direktur Universitas Respati Indonesia, Bapak Dr. Sudibyo Alimoeso,MA , yang memberikan tips Menua dengan Sukses. Sementara Narasumber Keempat adalah Dokter Geriatri Universitas Brawijaya, Ibu Dr. dr. Sri Soenarti, S.Spd. K.GER, yang berbagi tentang Cara Mempertahankan Kapasitas di Usia Tua.@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button