Nasional

Gandeng Emil Dardak, BKKBN Jatim Wisuda 400 Orang Tua Hebat

Bangga Kencana II Surabaya – Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil Dardak, melakukan wisuda terhadap 400 orang tua hebat di Provinsi Jawa Timur. Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat Angkatan IV Provinsi Jawa Timur ini diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Jatim di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya. Selasa (13/12/2022).
gandeng-emil-dardak-bkkbn-jatim-wisuda-400-orang-tua-hebat

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi KSPK BKKBN Nopian Andusti,SE,MT, Kaper BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, dan Kepala Dinas P3AK Provinsi Jawa Timur. Hadir pula dalam kegiatan ini  Pendamping Sekolah Orang Tua Hebat, Penyuluh KB, dan Kader Tim Fasilitator SOTH dari 13 Kabupaten/Kota.

Peserta wisuda berasal dari 13 Kabupaten/Kota, yaitu:

1 Kab. Ponorogo           31 orang

2 Kab. Jember              22 orang

3 Kab. Situbondo          30 orang

4 Kab. Probolinggo       30 orang

5 Kab. Jombang            30 orang

6 Kab. Nganjuk             30 orang

7 Kab. Bojonegoro        30 orang

8 Kab. Lamongan         30 orang

9 Kab. Sumenep           52 orang

10 Kota Blitar                30 orang

11 Kota Malang            30 orang

12 Kota Mojokerto        22 orang

13 Kota Surabaya         33 orang

Sekolah Orang Tua Hebat yang digagas oleh BKKBN ini merupakan terobosan yang strategis untuk memberikan Pendidikan intensif kepada para keluarga balita yang merupakan generasi milenial. Sekolah Orang Tua Hebat yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya.

SOTH sudah ada di setiap Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Pelaksanaan yang singkat, terukur dan di bawah pendampingan tenaga professional dari Akademisi dan TimPenggerak PKK merupakan nilai plus untuk menarik minat para keluarga milenial agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak balita.

Dalam pelaksanaannya SOTH 38 Kabupaten/Kota ini didahului dengan pelatihan bagi Tim Fasilitator, yang terdiri dari Kader BKB, PKB dan OPD KB. Selanjutnya Sekolah Orang Tua Hebat dilaksanakan secara intensif dan bertahap, dengan pertemuan tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali dan dilaksanakan 1 kali dalam seminggu. SOTH di setiap Kabupaten/Kota mendapat dukungan penuh dari TP PKK di berbagai tingkatan wilayah, dari Provinsi hingga Desa.gandeng-emil-dardak-bkkbn-jatim-wisuda-400-orang-tua-hebat

“Saya berterimakasih kepada seluruh green angel atau Tim Penggerak PKK di Provinsi Jawa Timur pada berbagai tingkatan wilayah karena sudah mendukung pelaksanaan SOTH ini. Tanpa peran TP PKK, tentu SOTH di Jawa Timur tidak akan sampai pada tahap ini” ujar Erna dalam sambutannya.

Erna menjelaskan bahwa peserta sekolah Orang Tua Hebat yang dapat mengikuti wisuda merupakan peserta yang telah mengikuti dari  Pertemuan Awal hingga Pertemuan ke 13 dan dinyatakan lulus. Dari 400 wisudawan Sekolah Orang Tua Hebat yang hadir pada kegiatan ini, hanya terbaik 1 dan 2 dari masing-masing Kabupaten/Kota yang diwisuda secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur.

Nopian menambahkan bahwa melalui SOTH ini, nopian harap pesan-pesan terkait pengasuhan bisa sampai ke keluarga, bukan hanya keluarga masing-masing, tetapi keluarga-keluarga di Indonesia, terutama calon ibu. Hal ini sejalan dengan cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045.

“Kita tidak ingin lagi ada anak yang terlahir stunting. Karena tingginya angka stunting merupakan salah satu hambatan menuju Indonesia Emas tahun 2045.” Ujar Nopian.

Harapan ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Emil. Emil Dardak menyatakan bahwa proses yang didapat dalam SOTH di masing-masing kelas bukanlah proses yang berhenti dengan wisuda ini, melainkan proses berkelanjutan. Setiap materi yang diterima perlu untuk diterapkan. Peran para peserta juga diperlukan untuk menyempurnakan SOTH di Angkatan-angkatan berikutnya, demi Indonesia Emas tahun 2045.

“Pasukan terpenting dalam terwujudnya Indonesia Emas di Tahun 2045 adalah para orang tua yang hebat” ujar Emil.gandeng-emil-dardak-bkkbn-jatim-wisuda-400-orang-tua-hebat

Selain diwisuda secara langsung oleh Wagub Jatim Emil Dardak, wisudawan terbaik juga menerima sertifikat yang diserahkan oleh Wagub Jatim, plakat penghargaan yang diserahkan oleh Deputi KSPK BKKBN, dan slempang serta buket bunga yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Maria Ernawati.

Prosesi wisuda ditutup dengan foto Bersama Wagub Jatim, Deputi KSPK, dan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim. Setelah prosesi wisuda, acara dilanjutkan dengan Talkshow “Orang Tua Hebat, Balita Cerdas, Keluarga Bahagia”. Narasumber yang dihadirkan adalah Deputi KSPK BKKBN, Nopian Andusti,SE,MT, Ahli Gizi, Annasita, S.KM., M.GIZ, dan Psikolog, Adelia Kesumaningsari, S.Psi., M.Sc..@Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button