Nasional

SELANTANG Wujudkan Lansia Mandiri

Bangga Kencana || Malang – Deputi KSPK BKKBN Nopian Andusti, SE., MT menyemangati lansia di hari wisuda Sekolah Lansia Tangguh “biarlah Usia sudah tua karena itu hanya sebatas angka-angka namun semangat harus selalu muda,” ujar pak Nopian pada wisudawan SELANTANG. Pagi itu, pak Nopian berkesempatan hadir dan mewisuda siswa yang telah selesai dan lulus mengikuti Sekolah Lansia Tangguh.
wisuda-selantang-yang-smartPada sambutannya Bapak Nopian menjelaskan bahwa Sekolah Lansia Tangguh merupakan upaya menjadikan Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Bermartabat), sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan untuk mewujudkan lansia yang mandiri, sejahtera dan bermartabat.

Seperti mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya, 99 (Sembilan puluh Sembilan) lanjut usia diwisuda setelah menjalani sekolah lansia selama 12 kali pertemuan yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Rabu (9/11/2022).

Di awal acara, peserta Sekolah Lansia Tangguh Kabupaten Malang memberikan penampilan terbaik mereka yang berupa gerak dan tari dengan mengenakan kostum yang terbuat dari batik hasil kerajinan tangan mereka sendiri pada saat pembelajaran Sekolah Lansia Tangguh.

wisuda-selantang-yang-smartKetua Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Ibu Dwi Endah S.KM., MPH memaparkan hasil  Evaluasi pembejalaran 91% peningkatan pengetahuan semakin baik, sehingga dapat dikatakan lansia menjadi smart. Hasil survey 42% lansia Bahagia dan 58% lansia sangat Bahagia setelah mengikuti Sekolah Lansia. Sehingga dapat disimpulkan Sekolah Lansia Tangguh tidak membuat stress pada Lansia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang bapak Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Sekolah Lansia Tangguh. Beliau mengharapkan para lansia dapat melanjutkan standart Sekolah Lansia Tangguh yang lebih tinggi.

Seorang wisudawan Justina Roberta Sintatik, S.Pd (75) mengisahkan pengalamannya selama mengikuti kegiatan sekolah lansia Tangguh. Ia berujar banyak manfaat yang didapatnya selama mengikuti kegiatan itu.

selantang-wujudkan-lansia-mandiriTerutama pada proses belajar mengajar bahwa ia tidak ingin berhenti sampai sini namun dapat lanjut ke standar yang lebih tinggi serta memberi manfaat ke kelompok lansia kita memperdalam materi yang kita terapkan pada materi evaluasi

Di akhir Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE mengungkap bahwa menjadi lansia merupakan hal yang sangat membanggakan karena tidak semua orang dapat menjadi lansia pada nantinya. Dan untuk menjadi lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan bertamabat) maka diperlukan perencanaan yang bagus sehingga kita semua dapat menikmati hari tua dengan Bahagia. @Red (Nur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button