Nasional

Sinergi Perumda Tirta Komodo Ruteng dan TNI POLRI, Tanam Pohon di Sumber Mata Air

Bangga Kencana || NTT – Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Komodo Ruteng mengelar penanaman pohon serentak di dua lokasi sumber mata air di Kabupaten Manggarai, NTT. Jumat (16/9/22).

sinergi-perumda-tirta-komodo-ruteng-dan-tni-polri-tanam-pohon-di-sumber-mata-airKegiatan kali ini, Perumda Tirta Komodo Ruteng menggandengkan TNI dan Polri serta beberapa sekolah SMP dan SMK di wilayah itu.

Dalam Sambutannya, Direktur Perumda Tirta Komodo Marsel Sudirman mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya menanam pohon demi keberlangsungan sumber mata air serta ekosistem alam.

sinergi-perumda-tirta-komodo-ruteng-dan-tni-polri-tanam-pohon-di-sumber-mata-air“Kita menanam 400 pohon Ara di dua sumber mata air yakni Wae Reget dan Wae Ajang yang terletak di Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong,” tukas Marsel kepada Zonalinenews, Senin, 19 September 2022.

Menurut Marsel, kegiatan penanaman pohon merupakan komitmen Perumda Tirta Komodo untuk menjaga serta melestarikan hutan sebagai sumber mata air.

Ia menganalogikan, bahwa pohon dan air seperti sepasang kekasih yang tidak dapat dipisahkan.

“Pohon dan air ini kan sama seperti berpacaran, saling melengkapi, ada pohon pasti ada air, sehingga tugas kita semua untuk menjaganya,” ujarnya.

sinergi-perumda-tirta-komodo-ruteng-dan-tni-polri-tanam-pohon-di-sumber-mata-airKepada masyarakat, ia meminta agar tidak bosan menanam pohon demi anak cucu kita. Pasalnya, keberadaan pohon di kawasan sumber mata air sangat penting karena berfungsi sebagai penyerapan air dan penyangga tanah, dengan demikian perlindungan sumber daya air dapat dilakukan secara berkelanjutan.

“Menjaga kelestarian air berarti menjaga kehidupan kita. Jangan sampai krisis mata air, mendatangkan air mata bagi kita,” tutupnya. @Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button