Nasional

Duta GenRe Jatim 2022, Kaper BKKBN Jatim Resmi Buka Pelaksanaan Karantina Finalis

Bangga Kencana || Surabaya –  Kaper BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, M.M., membuka Pelaksanaan Masa Karantina Finalis Apresiasi Duta GenRe Provinsi Jatim Tahun 2022 (9/6/2022).Finalis Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Jawa Timur berjumlah 10 orang putra dan 10 orang putri yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.Kaper BKKBN Jatim

Kegiatan masa karantina ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu sejak tanggal 9-10 Juni 2022 di Surabaya Suites Hotel. Diawali dengan Cek Kesehatan untuk memastikan seluruh Finalis dalam keadaan yang prima untuk mengikuti kegiatan selama karantina hingga Grand Final pada tanggal 11 Juni 2022 di Royal Plaza Surabaya.

Kaper BKKBN Jatim, menyampaikan bahwa Penanaman stunting harus dimulai dari hulu yaitu dimulai dari masa remaja. Remaja harus diberikan edukasi terkait persiapan untuk menikah. Erna sangat berharap Apresiasi Duta GenRe Jatim 2022 ini dapat dijadikan momentum bagi remaja untuk bangkit dan meningkatkan kebersamaan serta menunjukkan peran yang nyata dalam berbagai aktifitas, terutama pencegahan stunting.

Pembukaan masa karantina juga dihadiri oleh Komisi IX DPR RI, Ibu Dra. Lucy Kurniasari. “DPR RI memiliki 3 fungsi, yaitu Legislasi, Pengawasan, dan Anggaran. ketiga fungsi tersebut telah dilaksanakan dalam percepatan penurunan stunting , maka target angka stunting sebagaimana Perpres No. 72 Tahun 2021 yaitu 14% diharapkan dapat tercapai,” ujar Lucy.

Kaper BKKBN Jatim

Finalis akan mengikuti beberapa penilaian, salah satunya adalah Penyuluhan. Duta GenRe memiliki peran untuk mensosialisasi Program GenRe ke masyarakat, terutama remaja.

Dewan juri pada masa karantina ini berjumlah 6 orang, yang terdiri dari pengelola program GenRe dan Psikolog, yaitu Koordinator Bidang KS-PK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Suhartuti, M.M., Psikolog, Ibu Fini Rahmatika, M.Psi, Psikolog, Helmi Kahaf, M.Ikom, Sub Koordinator Balan, Ibu Nur Hotimah, S.Sos. M.PSDM, Sub Koordinator PEK, Bapak Yuni Dwi Tjadikijanto, SE. dan Sub Koordinator BKR, Yuyun Evriana Setiyarini, SE.

Kaper BKKBN Jatim

Pada hari kedua tanggal 10 Juni 2022, finalis akan melakukan sosialisasi Modul Tentang Kita ke remaja di SMA Negeri 4 Surabaya. Finalis akan memberikan edukasi tentang Kesehatan Reproduksi dan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja melalui permainan yang menarik dan sesuai dengan segmentasi usia mereka.

Perwakilan BKKBN Jawa Timur selaku penyelenggara kegiatan berharap Duta GenRe yang terpilih nanti dapat menyebarkan virus Generasi Berencana khususnya pada rekan sebaya serta masyarakat secara umum.

Selain itu, secara moral dan kemanusiaan, tugas Duta GenRe yang utama adalah menanamkan terlebih dahulu dalam diri masing-masing makna dari remaja sehat, hebat, berpretasi, dan berakhlak mulia. Sehingga Duta GenRe yang terpilih dapat menjadi teladan mulai dari diri sendiri dan kemudian seumur hidup menginspirasi. @red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button